Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/04/2013, 22:06 WIB

KOMPAS.com - Sebuah stasiun radio milik rumah sakit Forth Valley Royal, Stirlingshire, Skotlandia, mengudarakan suara seperti nyanyian burung dan dengkuran untuk terapi suara pada Sabtu, 27 April. Suara-suara tersebut diklaim bisa menidurkan pasien dengan gangguan tidur terberat sekalipun.

Para pasien akan diterapi dengan beberapa program, yang pertama disebut The Tonic Garden. Program itu meliputi suara-suara yang menciptakan suasana tenang seperti suara hujan, ombak, nyanyian burung, dan bahkan suara dengkuran.

Nantinya, para pasien di Forth Valley Royal akan dapat mendengarkan suara-suara yang disiarkan oleh Channel 604 dari radio yang ada di samping ranjang mereka. Program ini diciptakan oleh seniman digital rumah sakit tersebut, Mark Vernon.

Vernon menyebut siaran ini sebagai "survei suara sonik yang menenangkan, yang dirancang untuk menidurkan pasien yang paling sulit tidur sekalipun."

"Saya telah mencoba hasilnya kepada sekelompok kecil pendengar dengan menyiarkan suara dari sebuah acara di Glasgow. Reaksi mereka menunjukkan bahwa ini adalah sebuah pengalaman yang menenangkan, beberapa orang bahkan benar-benar terhanyut," kata Vernon.

Suara menjengkelkan

Seniman digital itu mewawancarai sejumlah staf rumah sakit Forth Valley Royal, relawan Radio Royal, orang-orang dari Asosiasi Kesehatan Mental setempat, dan masyarakat luas.

Ia berusaha mencari tahu suara apa yang dianggap bisa menenangkan oleh kebanyakan orang. Sayangnya, suara yang terdengar menenangkan bagi satu orang bisa jadi menjengkelkan bagi orang lain.

"Suara favorit bisa menjadi sangat subjektif. Seorang perempuan pernah mengatakan bahwa suara favoritnya adalah suara dengkuran suaminya dan suara jam berdetik keras, jadi saya juga memasukkan kedua suara itu. Oleh karena itu saya mencoba membuat variasi suara sebanyak mungkin," ujarnya.

Selain itu, program ini juga mengudarakan suara-suara di lingkungan sekitar rumah sakit seperti suara robot pengantar surat, pasien yang sedang berlatih fisioterapi, dan suara-suara dari bangsal neonatal, departemen ginjal, dan laboratorium.

Vernon mengembangkan seri yang disebutnya Bedside Radio, atau secara harfiah radio di tepi tempat tidur, selama setahun terakhir.

Setiap program akan diputar secara berulang untuk menghadirkan pengalaman mendengarkan yang berbeda sehingga setiap pasien bisa mendengar suara yang diinginkannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com