Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rusak, Pesawat Angkasa Luar Sukses Merapat di ISS

Kompas.com - 26/04/2013, 23:53 WIB
Pieter P Gero

Penulis

MOSKWA, KOMPAS.com — Sebuah pesawat angkasa luar Rusia yang mengalami kerusakan pada sistem antena navigasi berhasil merapat di Stasiun Angkasa Luar Internasional (ISS). Padahal, sistem antena navigasi ini sangat diperlukan untuk membimbing pesawat angkasa luar yang terbang tanpa awak itu.

Pesawat kargo diluncurkan dari fasilitas peluncuran angkasa luar utama Rusia di Baikonur, Kazakhstan, Rabu lalu.

Kantor berita AP, Jumat (26/4/2013), melaporkan, antena navigasi ini tidak muncul saat pesawat tersebut mencapai orbit. Pusat kontrol misi angkasa luar Rusia berupaya berulang kali agar antena ini bisa bekerja sempurna. Sekalipun dalam kondisi rusak atau tak sempurna, pesawat angkasa luar Rusia yang membawa kargo lebih dari tiga ton berisi makanan, oksigen, air, dan berbagai peralatan ini berhasil merapat di ISS, Jumat, dengan pilot otomatis.

Video yang disiarkan misi kontrol Rusia memperlihatkan keberhasilan ini.

Sebelumnya, para ahli misi angkasa luar Rusia khawatir pesawat ini bisa menimbulkan benturan fisik sata merapat ke ISS. Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) menyebutkan, awak dalam ISS akan melakukan pemeriksaan kemungkinan adanya benturan dan menurunkan semua muatan dalam pesawat angkasa luar Rusia ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com