Kompas.com - 23/04/2013, 20:44 WIB
|
Editoryunan

KOMPAS.com — Temuan kerangka manusia dari masa lalu memang umum. Namun, bagaimana jika kerangka yang ditemukan adalah sepasang kekasih dan ditemukan dalam posisi bergandengan tangan? Ini seperti menemukan kerangka Romeo dan Juliet.

Arkeolog dari Cluj-Napoca Institute of Archaeology and History of Art menemukan kerangka dengan karakteristik tersebut. Ia menemukannya setelah melakukan penggalian di lokasi bekas biara Dominikan.

Peneliti utama dalam ekskavasi ini, Adrian Rusu, mengatakan, "Ini misteri. Penguburan macam itu pada masa lalu langka. Kami percaya bahwa pria yang ditemukan kerangkanya itu mati karena luka parah hingga bagian panggul patah."

Forever holding hands:

Karena kerangka perempuan yang ditemukan menunjukkan bahwa perempuan itu dalam kondisi sehat, maka Rusu dan timnya menduga bahwa sang perempuan mati karena patah hati akibat ditinggalkan pasangannya.

Belum jelas bagaimana perempuan yang ditemukan kerangkanya itu meninggal. Namun, karena bunuh diri dianggap dosa pada masa itu, kemungkinan bahwa perempuan itu bunuh diri kecil. Jika memang perempuan itu melakukannya, maka jasadnya takkan dikubur dengan posisi seperti saat ditemukan.

"Mereka pasti dikuburkan bersama sebagai penghormatan akan cinta yang mereka miliki," kata Rusu seperti dikutip Daily Mail, Senin (22/4/2013). Dua kerangka tersebut diperkirakan berasal dari tahun 1450-1550. Kerangka lain ditemukan, tetapi diduga tak berhubungan dengan dua kerangka itu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.