Kompas.com - 23/04/2013, 10:03 WIB
|
Editoryunan

KOMPAS.com — Peneliti Indonesia menemukan kerangka dari 66 manusia di Gua Harimau, Sumatera. Berdasarkan penanggalan karbon, kerangka manusia tersebut berusia 3.000 tahun.

Jumlah kerangka mengejutkan. Dalam penelitian arkeologi, belum pernah dijumpai puluhan kerangka sekaligus dalam satu gua. "(Jumlah) 66 sangat istimewa," kata Harry Truman Simanuuntak dari Pusat Arkeologi Nasional.

Selain kerangka manusia, Truman dan timnya juga menemukan sisa kerangka ayam, anjing, dan babi.

Menurut Truman, ribuan tahun lalu, wilayah di sekitar gua dihuni oleh petani pertama di Indonesia. Gua digunakan sebagai tempat mengubur mayat dan menghasilkan peralatan. Gua Harimau dengan demikian bisa dikatakan sebagai kuburan dari masa 3.000 tahun lalu.

Manusia saat itu juga sudah mampu menghasilkan seni gua. Gua Harimau memiliki bukti pertama seni gua dari Sumatera. Gua tersebut masih belum terekskavasi secara keseluruhan.

"Masih ada yang terkandung di wilayah lebih dalam gua, di mana kami belum mengekskavasinya. Karena itu, Gua Harimau sangat menjanjikan," ungkap Harry seperti dikutip Livescience, Senin (22/4/2013).

Penemuan kerangka ini membuat ilmuwan berkesimpulan bahwa Gua Harimau berumur lebih tua dari yang diduga sebelumnya, dari masa ketika populasi manusia hanya 50 juta jiwa.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sementara itu, untuk seni gua, temuan di Gua Harimau sebenarnya tergolong baru. Seni gua tertua di dunia ditemukan berasal dari masa 37.000 tahun lalu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.