Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanpa Eksplorasi Antariksa, Manusia Terancam Punah

Kompas.com - 15/04/2013, 20:21 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis

LOS ANGELES, KOMPAS.com — Fisikawan dan kosmolog ternama dunia, Stephen Hawking, menuturkan bahwa misi penjelajahan angkasa masih tetap perlu dilanjutkan. Tujuannya tak lain demi kemanusiaan itu sendiri.

Kosmolog berusia 71 tahun tersebut mengungkapkan bahwa tanpa penjelajahan angkasa, manusia terancam punah. Manusia belum tentu bisa bertahan hidup 1.000 tahun lagi. Satu-satunya jalan, manusia harus punya opsi untuk lari dari Bumi yang rentan.

Hawking berbicara pada Selasa (9/4/2013) di Cedars-Sinai Medical Center di Los Angeles, fasilitas penelitian sel punca yang memfokuskan diri pada penanganan penyakit Lou Gehrig, penyakit yang diderita Hawking.

Selain bicara soal penjelajahan angkasa, Hawking juga bicara tentang pengalaman hidupnya. Hawking didiagnosis mengalami penyakit saraf 50 tahun lalu. Ia mengungkapkan bahwa pada awalnya ia sangat depresi dan berpikir untuk menghentikan studinya.

Namun, Hawking akhirnya tetap melanjutkan studinya. Dikutip Physorg, Rabu (10/4/2013) lalu, Hawking mengatakan, "Jika memahami bagaimana semesta bekerja, Anda bisa mengontrolnya dengan suatu cara."

Hawking bicara tentang penyakitnya yang juga disebut amyotrophic lateral sclerosis (ALS). Penyakit itu menyerang sel saraf sehingga pada akhirnya penyandangnya sulit bergerak dan bernapas. Tidak ada pengobatan untuk penyakit itu.

Namun, Hawking dan hidupnya luar biasa. Meski akhirnya sulit berkomunikasi dan harus mengandalkan robot, Hawking tetap aktif. Pada tahun 2007, ia bahkan merasakan berada di zona minim gravitasi, sesuatu yang orang umumnya tak punya kesempatan.

Hawking memotivasi umat manusia. "Bagaimanapun sulitnya hidup kita, selalu ada jalan bagi kita bisa lakukan dan bidang bagi kita untuk sukses," kata Hawking yang terkenal lewat bukunya A Brief History of Time dan The Grand Design.

Saat awal didiagnosis, dokter yang menangani Hawking mengatakan bahwa ia takkan hidup lama. Namun, ternyata Hawking berhasil mencapai usia 70 tahun. Robert Baloh, direktur Cedar-Sinai ALS Program, mengatakan, hingga kini belum diketahui apa yang bisa membuat Hawking berumur panjang.

Baloh menuturkan, pasien penderita ALS memang bisa bertahan hidup hingga 10 tahun lebih. "Tapi, 50 tahun (seperti yang dialami Hawking) benar-benar tidak biasa," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com