Menristek Bakal Pakai Sedan Listrik untuk Mobil Dinas

Kompas.com - 12/04/2013, 18:04 WIB
|
Editoryunan

JAKARTA, KOMPAS.com - Mobil listrik yang kini tengah dikembangkan oleh Kementerian Riset dan Teknologi rencananya akan dipakai Menristek, Gusti Muhammad Hatta, sebagai mobil dinas.

"Nanti akan saya pakai sebagai mobil dinas, berganti-gantian dengan mobil dinas sekarang. Ini sekaligus untuk ujicoba," kata Gusti saat dihubungi Kompas.com, Jumat (12/4/2013).

Gusti mengatakan bahwa mobil yang dikembangkan berbentuk sedan. Diberitakan Kompas Otomotif sebelumnya, mobil tersebut akan dinamai Hevina Sedan.

Menurut Gusti, mobil listrik berbentuk sedan yang dikembangkan saat ini tengah memasuki tahap akhir pengembangan.

"Mungkin dalam satu atau dua bulan ke depan sudah akan diperkenalkan," kata Gusti. Sebelum diperkenalkan, akan dilakukan ujicoba terlebih dahulu.

Menurut Gusti, beberapa kemajuan telah dicapai pada mobil listrik sedan ini. Jumlah baterai dikatakannya lebih sedikit dibanding mobil listrik yang dikembangkan sebelumnya.

Selain itu, baterai yang digunakan juga merupakan hasil rakitan Lembaga Ilmu pengetahuan Indonesia (LIPI).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Gusti mengungkapkan, mobil listrik sedan yang dikembangkan merupakan salah satu bentuk keseriusan Indonesia mengembangkan mobil listrik.

Saat ini, kata Gusti, Indonesia masih terus melakukan pengembangan, terutama pada baterai. "Baterai harus kecil dan sesedikit mungkin namun punya daya besar," katanya.

Sebelumnya, beberapa mobil listrik telah dikembangkan, seperti Tucuxi yang dipamerkan Menteri Negara BUMN Dahlan Iskan dan Bus Listrik yang dipamerkan pada perayaan Hakteknas 2012 lalu.

Baca Juga :

Ssstt... Menristek Bikin Mobil Listrik

Mobil Listrik Menristek Diperkenalkan Bulan Depan

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.