Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Populasi Tersembunyi Orangutan Paling Langka Ditemukan

Kompas.com - 12/04/2013, 09:15 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis

SARAWAK, KOMPAS.com — Sebanyak 200 individu orangutan subspesies Pongo pgymaeus pygmaeus ditemukan di wilayah Borneo, tepatnya di wilayah seluas 140 kilometer persegi, dekat Taman Nasional Batang Ai, Sarawak, Malaysia.

Orangutan jenis tersebut diketahui merupakan orangutan paling langka. Populasinya hingga kini tinggal 3.000-4.500. Sebanyak 2.000 di antaranya diperkirakan hidup di Taman Nasional Batang Ai dan Suaka Lanjak Entimau, Malaysia.

Populasi yang belum diketahui sebelumnya itu ditemukan lewat penelitian Wildlife Conservation Society pada February 2013 lalu. Mereka menemukan 995 sarang orangutan, termasuk sarang "segar" yang mengindikasikan adanya orangutan yang menggunakan wilayah tersebut.

Sarang memang bisa menunjukkan keberadaan orangutan di suatu wilayah. Penelitian sebelumnya di wilayah Kalimantan, Indonesia, menunjukkan bahwa orangutan mampu membengkokkan ranting serta menganyamnya sehingga bisa dipakai sebagai "rumah".

"Mereka hanya membengkokkan. Mereka bisa hidup di dalamnya dan kemudian Anda bisa melihatnya seperti artefak arkeologi," kata Roland Ennos dari University of Manchester dalam studinya yang dipublikasikan di Proceeding of the National Academy of Sciences tahun lalu.

Diberitakan Livescience, Kamis (11/4/2013), terkait penemuan populasi orangutan terbaru ini, Pemerintah Malaysia berencana menambah perlindungan di taman nasional tempat populasi tersebut ditemukan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com