Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa Tektonik Kembali Guncang Gunung Api Dieng

Kompas.com - 11/04/2013, 09:03 WIB
Gregorius Magnus Finesso

Penulis

BANJARNEGARA, KOMPAS.com - Gempa tektonik berskala I-II MMI, Kamis (11/4/2013) kembali mengguncang wilayah Gunung Api Dieng, di Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Gempa tersebut terjadi antara pukul 00.00-06.00 WIB.

Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Surono mengatakan, selain gempa tektonik tersebut, sepanjang rentang waktu yang sama tercatat tiga kali gempa vulkanik dalam. "Aktivitas kegempaan di sekitar Kawah Timbang masih tinggi. Ini yang melandasi kami untuk tetap mempertahankan status Siaga di Dieng," jelasnya.

Menurut dia, pada kondisi normal, intensitas gempa vulkanik dalam di Gunung Api Dieng tidak lebih dari 10 kali dalam sebulan. Sedangkan gempa dangkal terekam kurang dari 5 kali sebulan.

Sementara itu, dari pengamatan visual, kawah Timbang cukup cerah namun terkadang diselimuti kabut. Adapun angin tenang dan terpantau asap kawah Timbang putih tipis membubung tinggi 50 meter ke atas.

Kepala Pos Pemantauan Gunung Api Dieng, Tunut Pujiarjo, mengatakan, di Dusun Simbar, Desa Sumberejo, yang berjarak sekitar 1.000 meter dari kawah, tercium bau belerang yang tajam. "Bau cukup menyengat, tetapi terkadang hilang tersapu angin," ungkapnya.

Hingga kini, status Gunung Api Dieng masih ditetapkan Siaga (level III) sejak Rabu (27/3). PVMBG masih merekomendasikan tidak ada aktivitas masyarakat pada radius 1 kilometer dari kawah Timbang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Video Pilihan Video Lainnya >

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com