Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ombak Setinggi 5 Meter Berpotensi Terjadi di Perairan Arafura

Kompas.com - 09/04/2013, 21:07 WIB
Kontributor Ambon, Rahmat Rahman Patty

Penulis

AMBON, KOMPAS.com - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) kembali memperingatkan warga khususnya para penyedia maupun pengguna jasa transportasi laut untuk mewaspadai gelombang tinggi 4 hingga 5 meter yang berpotensi terjadi di Laut Arafura bagian timur pada 9-10 April.

"Warga yang hendak berlayar dan para penyedia transportasi laut sebaiknya mewaspadai tinggi gelombang 4 sampai 5 meter yang berpotensi terjadi di Laut Arafura bagian timur pada 9-10 April ini ," ungkap Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Maluku, Kifly Wakanno kepada wartawan di Ambon, Selasa (9/4/2013).

Selain di perairan Arafura, kondisi cuaca tersebut juga dapat berpeluang terjadi di Pulau Ambon, Pulau Seram, Pulau Buru, Pulau Banda, Kepulauan Kei, Kepulauan Tanimbar dan Kepulauan Aru. Peringatan dini tersebut telah diteruskan kepada kepala BPBD seluruh kabupaten dan kota di Maluku.

Para bupati dan wali kota pun ikut diminta untuk mengarahkan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) teknis untuk mengawasi setiap perusahan jasa pelayaran terkait peringatan dini yang dikeluarkan BMKG.

"Kami harapkan para kepala daerah juga ikut mengimbau perusahaan penyedia maupun pengguna jasa transportasi laut agar memperhatikan perubahan cuaca secara ekstrem," pintanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com