Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bidang Geografi Ditambahkan di Olimpiade

Kompas.com - 05/04/2013, 04:06 WIB

Jakarta, Kompas - Pada pelaksanaan olimpiade sains nasional tahun ini ditambahkan bidang lomba baru, yaitu geografi. Adapun bidang yang lain yang telah lebih dulu dilombakan adalah matematika, fisika, kimia, biologi, komputer, astronomi, ekonomi, dan kebumian.

Sebelum olimpiade sains nasional (OSN) jenjang SD-SMA dilaksanakan, para siswa menjalani seleksi secara berjenjang mulai dari sekolah. Pada 2-4 April ini, 310.000 pelajar terbaik di seluruh Indonesia mewakili setiap sekolah untuk mengikuti olimpiade sains tingkat kabupaten/kota. Tiap sekolah diwakili tiga siswa untuk setiap bidang lomba.

Suharlan, Kepala Subdirektorat Kelembagaan dan Peserta Didik, Kemendikbud di Jakarta, Kamis (4/4), menjelaskan, penambahan bidang lomba Geografi penting untuk menumbuhkan kecintaan siswa pada bidang geografi. Apalagi wilayah Indonesia yang luas kelak membutuhkan perkembangan ilmu geografi.

Peserta yang lolos seleksi di tingkat kabupaten/kota akan mengikuti olimpiade sains tingkat provinsi pada 3-4 Juni 2013. Juara di tiap provinsi selanjutnya akan berlaga dalam perhelatan olimpiade sains tingkat nasional yang akan diselenggarakan di Bandung, 2-8 September 2013. Peraih medali pada OSN 2013 akan diseleksi melalui pembinaan bertahap untuk mewakili Indonesia di ajang Olimpiade Sains Internasional 2014.

Direktur Pembinaan SMA Harris Iskandar menjelaskan, OSN menjadi salah satu program dalam rangka memfasilitasi dan memotivasi siswa yang mempunyai bakat di bidang sains sehingga mereka dapat meningkatkan kemampuan. (ELN)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com