Kompas.com - 18/03/2013, 18:43 WIB
|
Editoryunan

CALIFORNIA, KOMPAS.com — Tanggal 10 Maret 2013 lalu, NASA menerima beberapa citra tentang bulan Saturnus, Rhea, yang berhasil dipotret oleh wahana antariksa Cassini pada hari sebelumnya.

Pengambilan gambar dilakukan saat wahana tersebut berjumpa untuk kali keempat dan mungkin kali terakhir dengan bulan tersebut.

"Silakan pandangi, amati, dan cermati pemandangan yang indah dan menakjubkan dari dunia lain ini. Gambar-gambar ini akan menjadi citra close-up terakhir bulan ini yang bisa Anda lihat," kata Carolyn Porco, ketua tim pencitraan Cassini, seperti dikutip Space.com, Jumat (15/3/2013) lalu.

Perjumpaan terakhir wahana Cassini dengan Bulan Rhea dilakukan dengan lintasan dekat yang berjarak 997 km. Perlintasan jarak dekat Cassini terhadap bulan milik Saturnus yang berdiameter 1.527 km itu dirancang untuk menghitung medan gravitasi bulan tersebut.

Saat melintas, Cassini diatur untuk mengambil 12 gambar dari Rhea yang menunjukkan berbagai "bekas luka" yang ada di permukaan bulan yang dingin itu. "Bekas luka" mencakup gambar cekungan atau kawah dan retakan panjang misterius yang disebut "graben".

Rhea adalah bulan kedua terbesar dari 60 bulan yang dimiliki Saturnus. Bulan ini ditemukan kali pertama oleh Giovanni Domenico Cassini, seorang ahli matematika dan astronom, pada tahun 1672.

Rhea berdiameter 1.528 km, jauh lebih kecil dari bulan terbesar Saturnus, Titan, yang berukuran 5.150 km. Bulan ini memiliki atmosfer yang ringan, yang didominasi oleh oksigen dan karbon dioksida.

Berdasarkan hasil penelitian pada tahun 2010 lalu, oksigen pada Rhea dibebaskan dari es di permukaannya lewat aliran partikel bermuatan. Sementara itu, asal usul karbon dioksida masih misterius.

Cassini merupakan kerja sama NASA dengan European Space Agency (ESA) dan Italian Space Agency yang diluncurkan pada 1997. Cassini sampai di Saturnus pada tahun 2004. Sejak saat itu, wahana ini terus mempelajari Saturnus berikut bulan-bulan yang dimilikinya. Misi ini akan terus dilanjutkan sampai tahun 2017.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.