Pelikan Raksasa Lebih Besar dari Manusia

Kompas.com - 18/03/2013, 10:31 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis

LIMA, KOMPAS.com — Eksistensi dari burung pelikan raksasa terungkap lewat penemuan fosil berusia 35 juta tahun di Gurun Ica, Peru.

Klaus Honninger yang memimpin penelitian mengatakan, fosil yang ditemukan mengindikasikan adanya burung pelikan yang lebih besar dari manusia. Tinggi pelikan itu mencapai lebih dari dua meter.

Menurut Honninger, burung pelikan raksasa itu eksis di era Oligocene, antara 40 juta dan 23 juta tahun yang lalu. Pada masa itu, banyak terjadi kepunahan spesies.

"Fosil dengan jelas menunjukkan sisa-sisa kulit pelikan. Ini adalah penemuan luar biasa sebab belum pernah ada penemuan serupa di tempat lain di dunia sebelumnya," kata Honninger seperti dikutip AFP, Jumat (15/3/2013).

Fosil tepatnya berhasil diekskavasi pada 6 Maret 2013 lalu. Di Gurun Ica, banyak juga ditemukan fosil hiu dan paus.