Kompas.com - 17/03/2013, 13:23 WIB
|
Editoryunan

CALIFORNIA, KOMPAS.com — Wahana antariksa Curiosity berhasil mengabadikan Gunung Sharp, gunung yang menjulang setinggi 5 km dari Kawah Gale, kawah lokasi pendaratan wahana ini pada 6 Agustus 2012 lalu. Gambar diolah sehingga menghasilkan foto Gunung Sharp yang mengagumkan.

Gambar salah satu gunung tertinggi di planet merah itu diperoleh dengan memanfaatkan Mast Camera (MastCam) yang tertanam di sebelah kanan wahana ini. Gambar diambil pada hari Mars ke-45 wahana ini melewatkan waktunya di planet tersebut.

Terlihat dalam foto lereng Gunung Sharp, lereng tersebut akan menjadi tujuan akhir misi wahana berbiaya miliaran dollar AS tersebut. Sebelumnya, Curiosity telah melewatkan waktu di wilayah bernama Yellowknife Bay, tempatnya menemukan bukti bahwa Mars mampu mendukung kehidupan mikroba.

Dua versi foto dipublikasikan Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA). Foto pertama menunjukkan citra kasar hasil jepretan kamera Curiosity. Pada foto ini, langit Mars tampak didominasi warna kuning-merah.

Foto kedua yang dirilis NASA telah diolah. Warna mengalami penyeimbangan sehingga langit Mars berwarna biru seperti langit Bumi. Penyeimbangan dilakukan agar ilmuwan mampu mengidentifikasi material di permukaan Mars.

Foto ini hanya satu dari sekian foto indah yang dihasilkan Curiosity. Foto lain di antaranya foto jejak Curiosity di Mars, batu cemerlang di planet merah tersebut, dan panorama Mars dalam 360 derajat.