Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelajah Luar Angkasa Tanpa Perlu Keluar Rumah

Kompas.com - 13/03/2013, 14:47 WIB
Riana Afifah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com Kini masyarakat tak perlu lagi harus pergi ke planetarium untuk dapat mengeksplorasi dunia luar angkasa. Pasalnya, Pusat Teknologi dan Komunikasi (Pustekkom) bersama dengan Microsoft Indonesia meluncurkan Wahana Jelajah Angkasa yang menyediakan berbagai informasi terkait dengan angkasa raya.

Kepala Pustekkom Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Ari Santoso mengatakan bahwa program Wahana Jelajah Angkasa ini terintegrasi dengan portal Rumah Belajar. Dengan demikian, hal ini mempermudah para guru, siswa, ataupun orangtua untuk menggali informasi tentang luar angkasa tanpa perlu pergi ke planetarium.

"Portal ini dapat diakses di mana saja selama ada jaringan internet. Jadi tak perlu pergi jauh atau keluar rumah atau sekolah," kata Ari di Pustekkom, Ciputat, Rabu (13/3/2013).

Kendati demikian, ia menyadari bahwa aplikasi ini belum tentu dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat Indonesia, khususnya yang tinggal di daerah terpencil yang tidak dialiri listrik ataupun jaringan internet. Untuk mengatasi hal tersebut, pihaknya mengupayakan layanan 3G dan satelit.

"Memang masih terbatas dengan layanan tersebut. Tapi kami tidak akan berhenti untuk mencari solusi sehingga sarana ini dapat dimanfaatkan seluruh masyarakat di mana saja," ungkap Ari.

Dalam kesempatan yang sama, Presiden Direktur Microsoft Indonesia Andreas Diantoro menjelaskan bahwa Wahana Jelajah Angkasa ini merupakan bagian dari Program Partners in Learning yang bertujuan meningkatkan kualitas pendidikan Indonesia yang melek teknologi.

Ia juga menambahkan bahwa khusus untuk Wahana Jelajah Angkasa ini, para pengunjung situs dapat memperoleh berbagai informasi tepercaya karena bersumber dari NASA. Dengan demikian, tak ada yang perlu diragukan dan tak ada batasan bagi siapa saja yang ingin mengetahui lebih dalam tentang dunia antariksa dapat mengunjungi wahana ini.

"Informasi di dalamnya semua berasal dari NASA. Kami selalu update informasi yang ada. Jadi, ini tempat yang sesuai untuk mengakses kebutuhan akan informasi," ujar Andreas.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com