Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Spielberg Akan Garap Miniseri "Napoleon"

Kompas.com - 06/03/2013, 22:57 WIB

LOS ANGELES, KOMPAS.com -- Sutradara Steven Spielberg akan membuat miniseri televisi tentang Napoleon Bonaparte berdasarkan skenario Stanley Kubric. Rencana itu diberitakan oleh AFP.

Pembuat film E.T itu mengerjakan skenario yang dibuat lima dekade lalu oleh Kubrick, sutradara karya-karya klasik 2001: A Space Odyssey dan A Clockwork Orange.

"Saya telah mengembangkan skenario Stanley Kubrick untuk miniseri, bukan film, tentang kehidupan Napoleon," kata Spielberg kepada Canal Plus tanpa menyebut apakah dia akan menyutradarai atau hanya memproduksi proyek itu."Kubrick menulis skrip itu pada 1961, sudah lama sekali," kata dia lagi.

Spielberg dan Kubrick pernah sama-sama terlibat dalam pengembangan A.I. Artificial Intelligence, yang dirilis pada 2001. Diberitakan oleh Hollywood Reporter, Kubrick, yang terkenal dengan perfeksionisme obsesifnya, meninggalkan proyek Napoleon karena masalah anggaran dan produksi,.

Pada surat dalam draft untuk para eksekutif perusahaan film pada 1971, Kubrick--yang meninggal dunia dalam usia 70 tahun pada 1999--menulis, "Saya tidak mungkin mengatakan kepada kalian apa yang akan saya lakukan, kecuali bahwa saya akan membuat film terbaik yang pernah saya ciptakan."

Kubrick menawarkan peran-peran utama untuk film itu kepada Oskar Werner dan Audrey Hepburn.

Kubrick awalnya meminta penulis Clockwork Orange, Anthony Burgess, untuk menulis buku tentang Napoleon, yang akan digunakannya sebagai dasar filmnya. Namun, dikabarkan, dia kecewa atas manuskrip tersebut. (nan/Desy Saputra)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com