Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Puting Beliung Terjang Maluku Tenggara

Kompas.com - 05/03/2013, 12:57 WIB
Antonius Ponco A.

Penulis

   

 

AMBON,KOMPAS.com- Bencana puting beliung terjadi di tiga wilayah di Kabupaten Maluku Tenggara, Maluku. Sedikitnya delapan rumah rusak, lima diantaranya rusak berat. Sebanyak sepuluh warga terpaksa mengungsi karena rumahnya rusak berat.

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Maluku Kifli Wakano yang menerima laporan bencana tersebut dari BPBD Maluku Tenggara, Selasa (5/3/2013), mengatakan bencana puting beliung itu terjadi di Ohoiwait di Kecamatan Kei Besar, Banda Eli di Kei Besar Utara Timur, dan Wab di Kei Kecil.

Selain perlunya mewaspadai kemungkinan terjadinya puting beliung, masyarakat Maluku , terutama pengguna jasa transportasi laut, pun diminta waspada terkait kemungkinan cuaca esktrem, berupa gelombang laut tinggi, yang bisa membahayakan pelayaran.

Kepala Administratur Pelabuhan Ambon Ali Ibrahim mengatakan berdasarkan peringatan dini dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Ambon, gelombang laut tinggi yang bisa membahayakan pelayaran dimungkinkan terjadi sampai 8 Maret.

Gelombang laut setinggi tiga sampai delapan meter berpotensi terjadi di Laut Banda, perairan di Kabupaten Maluku Tenggara, Maluku Tenggara Barat, dan Maluku Barat Daya.

Sementara di perairan sekitar Pulau Seram, Ambon, dan Buru, tinggi ge lombang laut yang berpotensi terjadi, dua sampai tiga meter.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com