Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

China Kirim Lagi Misi Luar Angkasa Berawak

Kompas.com - 28/02/2013, 22:45 WIB
Pieter P Gero

Penulis

BEIJING, KOMPAS.com - China akan mengirim tiga astronot dalam sebuah misi ke stasiun luar angkasa di orbit musim panas ini. Pengiriman tiga astonot ini diperkirakan pada Juni dan Agustus 2013.

Program Luar Angkasa berawak China dalam pernyataan hari Kamis (28/2/2013) menegaskan, pesawat luar angkasa Shenzhou 10 akan diluncurkan untuk penerbangan antara Juni dan Agustus. Pesawat ini akan meluncur membawa astonot ke stasiun luar angkasa Tiagong 1.

Mereka akan melakukan tes pada sistem doking di stasiun luar angkasa. Selain itu, melakukan pengetesan sistem dukungan logistik untuk hidup dan melakukan pekerjaan ilmiah.

Dua pesawat luar angkasa China, salah satunya berawak, pernah merapat di Tiangong 1, sejak stasiun ini diluncurkan pada September 2011. Stasiun luar angkasa ini akan digantikan dengan stasiun luar angkasa permanen pada tahun 2020.

Stasiun luar angkasa yang baru ini akan sebesrat 60 ton, sedikit lebih kecil dari stasiun luar angkasa Skylab milik NASA, Amerika Serikat, pada tahun 1970.

Stasiun luar angkasa China itu juga hanya seperenam dari ukuran Stasion Luar Angkasa Internasional milik 16 negara yang juga berada di luar angkasa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com