Kompas.com - 22/02/2013, 14:05 WIB
|
Editoryunan

CALIFORNIA, KOMPAS.com – Misi pendaratan di Bulan sering diragukan dan dianggap hoax? Bagaimana dengan misi pengeboran Mars? Jika ada yang menganggapnya hoax, mungkin perlu melihat foto yang baru saja dirilis Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA), Rabu (20/2/2013).

Foto itu adalah hasil pemotretan kamera yang terpasang di wahana Curiosity pada hari ke-193 penjelajahannya di Mars (waktu Mars). Dalam gambar terlihat serbuk batuan disimpan dalam sebuah wadah kecil berukuran 4,5 cm, sebagai bukti hasil pengeboran batu Mars.

“Melihat serbuk hasil pengeboran ditempatkan dalam wadah memberikan kita keyakinan bahwa untuk pertama kalinya bahwa bor mengumpulkan sampel hasil pengeborannya,” kata Scott McClosekey, peneliti di Jet Propulsion Laboratory NASA, perekayasa sistem pengeboran untuk Curiosity, seperti dikutip Physorg, Rabu (20/2/2013).

Serbuk batu hasil pengeboran itu didapatkan dengan alat bor yang terpasang di lengan Curiosity. Alat bor membuat lubang sedalam 6,4 cm pada batu target yang dinamai John Klein. Pengeboran dilakukan 8 Februari 2013 lalu.

Dalam foto, serbuk batu berada di sekop yang merupakan bagian dari perangkat Collection and Handling for In-Situ Martian Rock Analysis (CHIMRA). Serbuk akan disimpan di CHIMRA dan disaring. Partikel berukuran lebih dari 0,006 inchi akan dipisahkan.

Ilmuwan akan menggunakan hasil penyaringan untuk menganalisis komposisi serbuk batu Mars itu. Mereka bakal menggunakan perangkat Chemistry and Mineralogy (CheMin) dan Sample Analysis at Mars (SAM).

Batu John Klein dipilih sebagai target pengeboran pertama di Mars sebab dipercaya menyimpan informasi tentang lingkungan basah Mars di masa lalu. Analisis serbuk batuan hasil pengeboran diharapkan dapat menguak misteri tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.