Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

COP Siapkan Pusat Rehabilitasi-Reintroduksi di Kaltim

Kompas.com - 21/02/2013, 21:18 WIB
Lukas Adi Prasetya

Penulis

BALIKPAPAN, KOMPAS.com -- Centre for Orangutan Protection (COP) mulai menyiapkan pusat rehabilitasi-reintroduksi orangutan di Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Pertengahan tahun ini, tempat tersebut sudah mulai dibuka.

Hal itu diungkapkan Hardi Baktiantoro selaku Principal COP, Kamis (21/2/2013). Menurut dia, tempat seluas 50 hektar itu nantinya sanggup menampung 50 orangutan. Ini akan menjadi tempat rehabilitasi orangutan kedua di Kaltim setelah Borneo Orangutan Survival Foundation (BOSF) di Kecamatan Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara.

Menurut Hardi, konflik antara manusia dan orangutan, terutama sebagai dampak dari konversi lahan, masih terjadi. Di sisi lain, pusat penyelamatan satwa, telah melebihi kapasitas. Saat ini pun, 15 orangutan sudah berada dalam daftar tunggu COP.

"Saat ini tengah dilakukan persiapan-persiapan. Masih proses ganti rugi lahan. Yang hendak kami pakai itu adalah hutan milik masyarakat. Setelah urusan ganti rugi lagan selesai, kami masih menyelesaikan perizinan. Ini yang butuh waktu lama, meski pembangunannya cepat. Target COP, pertengahan tahun tempat itu bisa dibuka," tutur Hardi.

Pembangunan tempat rehabilitasi-reintroduksi orangutan merupakan bentuk dukungan COP terhadap konservasi satwa. Pada 4 Februari 2013, juga ditandatangai nota kesepahaman (MoU) kerja sama perlindungan orangutan, khususnya sub spesies Pongo pygmaeus morio , oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kaltim dan COP.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com