Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia-AS Bahas Kebijakan Impor Hortikultura di WTO

Kompas.com - 21/02/2013, 17:26 WIB
Eny Prihtiyani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Delegasi Indonesia bertemu dengan perwakilan Amerika Serikat (AS) di Sekretariat Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) di Geneva, Swiss, Kamis (21/2/2013). Mereka menggelar konsultasi terkait pengaduan AS kepada WTO tentang kebijakan pengaturan impor hortikultura yang ditempuh Indonesia. Indonesia berharap kasus tersebut selesai di forum konsultasi tanpa berlanjut ke badan sengketa WTO.

Delegasi Indonesia dipimpin oleh Direktur Jenderal Kerja Sama Perdagangan Indonesia Kementerian Perdagangan, Iman Pambagyo. Konsultasi di bawah WTO merupakan kelanjutan konsultasi bilateral Indonesia-AS-Tifa yang sudah berlangsung sejak tahun lalu.

"Jika konsultasi di bawah WTO ini AS melihat ada perubahan positif, mungkin mereka tidak akan paksakan pembentukan panel," kata Iman, Kamis (21/2/2013).

Menurut Iman, di WTO pada tahap pertama suatu negara bisa minta konsultasi. Durasinya selama 60 hari sejak konsultasi pertama kali dilakukan. Jika tidak ada titik temu, AS berhak meminta pembentukan panel atau perpanjangan proses konsultasi. "Jadi, konsultasi ini memang kesempatan terakhir sebelum AS memilih memperpanjang konsultasi atau membentuk panel," tuturnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com