Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kehidupan di Chelyabinsk Kembali Normal

Kompas.com - 16/02/2013, 22:07 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Warga Chelyabinsk kembali menjalani kehidupan normal pada Sabtu (16/2/2013) usai ledakan meteorit pada sehari sebelumnya. Sejauh pengamatan, warga mulai menambal kaca-kaca yang pecah agar kondisi dalam ruangan tetap hangat, tanpa terpaan angin dari luar.

Paling tidak, menurut catatan Itar-TASS pada Sabtu, ada sekitar 1.200 warga yang terluka lantaran ledakan meteorit itu. "Tapi, pada Sabtu ini, kehidupan kembali berjalan seperti biasa,"tulis media tersebut.

Media itu mewartakan pula langit di Chelyabinsk terlihat cerah. Kota itu pun terkesan tidak mengalami gangguan berarti. Sistem transportasi dan dan telekomunikasi berjalan normal. Hal sama terjadi pula pada pasokan air bersih dan listrik.

Jendela kaca bangunan-bangunan di kota itu memang menjadi kunci untuk memahami efek getaran ledakan meteorit tersebut. Saat ledakan terjadi, getaran itu memecahkan kaca-kaca di banyak bangunan. Meski, pecahan kaca melukai 200 anak di kota itu.

Pakar antariksa memprediksikan ledakan meteorit itu berkekuatan 300-500 kiloton saat menyentuh atmosfir. Catatan NASA menunjukkan diameter meteorit sekitar 15 meter. Saat melintasi atmosfir, kecepatan meteorit itu mencapai 64.000 kilometer per jam.

Sampai kini, lokasi jatuhnya pecahan meteorit itu masih misteri. Namun, satu dari tiga kemungkinannya adalah di Danau Chebarkul. Danau itu letaknya 150 kilometer dari Chelyabinsk.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Video Pilihan Video Lainnya >

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com