Kompas.com - 16/02/2013, 13:49 WIB
EditorTri Wahono

WASHINGTON, KOMPAS.com — Serpihan meteorit yang mungkin tersebar di sekitar kota Chelyabinsk, Rusia, yang menjadi sisa ledakan sebuah meteor di atas kota tersebut, Jumat (15/2/2013) kemarin, diperkirakan bakal bernilai jual tinggi. Kolektor benda-benda antariksa pun mulai melirik untuk memburunya.

"Serpihan kecil meteorit mungkin hanya memiliki nilai beberapa dollar, tapi jika dalam ukuran besar bisa dibanderol 100.000 dollar AS atau bahkan lebih," kata Joseph Gutheinz, seorang pakar spesialis meteorit dan mantan agen khusus Badan Penerbangan dan Antariksa AS (NASA), Sabtu.

Ia berharap penduduk sekitar lokasi ledakan meteor segera menyisir dengan pendeteksi logam untuk mencari serpihannya. Ia menduga akan ada pemburu meteorit yang berdatangan ke kota tersebut, yang paling dekat dari Moskwa.

Dia menjelaskan, harga jual meteorit tergantung pada ukurannya, keanehan bentuk, asalnya, dan bahan yang menyusunnya. Paling umum dari jenis campuran batu dan besi yang merupakan mineral lazim ada di bumi bisa dihargai sekitar 20 dollar AS per potongan kecil.

"Komposisi dari benda angkasa itu bisa menjelaskan asal-muasal meteorit. Jadi, apabila benda itu diketahui berasal dari Mars maka harganya akan melonjak tinggi," kata Chris Palma, seorang profesor dari Departemen Astronomi dan Astrofisik, Pennsylvania State University.

Rekor penjualan yang pernah terjadi adalah meteorit dari batu bulan bernama Dar al Gani 1058 seberat 1,9 kilogram yang terjual seharga 330.000 dollar AS dalam sebuah lelang di AS. Benda angkasa itu ditemukan di Libya pada tahun 1998.

Kemudian meteorit yang ditemukan di Argentina seberat 161 kilogram terjual seharga 93.000 dollar AS melalui eBay pada tahun 2006. Meski lebih berat, rupanya meteorit dari asteroid Mars-Jupiter itu terjual lebih murah.

Gutheinz menjelaskan bahwa siapa saja yang merasa menemukan meteorit dan ingin menjualnya harus mendapat sertifikasi dari ahli mengenai keasliannya.

"Situs eBay mungkin menjadi tempat yang baik untuk melakukan jual beli. Tetapi, jika Anda ingin membawanya ke pelelangan dan mendapatkan sertifikasi maka Anda harus bekerja sama dengan analis independen," kata dia.

Pada 1998, sebagai agen khusus NASA, Gutheinz bekerja menyamar untuk menangkap oknum penjual batu bulan palsu. Rupanya, pekerjaan itu membawanya kepada seorang yang memiliki batu bulan asli bernilai 5 juta dollar AS.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.