Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Curiosity Memulai Pengeboran Perdana Planet Mars

Kompas.com - 08/02/2013, 19:50 WIB

KOMPAS.com — Untuk kali pertama, robot teranyar NASA, Curiosity, melakukan operasi pengeboran di Planet Mars. Dalam pengumuman yang dilakukan pada Kamis (7/2/2013) oleh para peneliti yang terlibat dalam misi ini, Curiosity disebutkan menggali lubang kecil sedalam dua sentimeter ke batuan Mars bernama "John Klein".

Batu John Klein sengaja dipilih sebagai lokasi pengeboran perdana karena dianggap memegang petunjuk besar sejarah air di Mars. Selain itu, aktivitas yang dinamai "mini-drill test" ini menandai pemakaian perdana palu dan bor Curiosity secara bersamaan.

Robot ini melumat batu yang ada dan menciptakan partikel yang cocok untuk digunakan sebagai sampel. Foto dari pengeboran pertama Curiosity menunjukkan lubang bulat sempurna.

"Jika hasil pengeboran lubang baru lolos evaluasi cocok untuk diproses, tim rover ini berencana melanjutkan dengan pengeboran penuh pertama pada beberapa hari mendatang," ujar pernyataan manajer misi ini.

Konfirmasi pertama mengenai pengeboran ini diterima tim di Jet Propulsion Laboratory (JPL), Pasadena, California, pada Rabu (6/2/2013) lalu. Sebelumnya, sudah dilakukan beberapa tes pengeboran, tapi hanya menggunakan palu.

"Tim ini berencana menggunakan instrumen laboratorium Curiosity untuk menganalisis isi batu tersebut agar bisa mempelajari sejarah lingkungan lokasi," tambah pernyataan manajer misi.

Curiosity merupakan robot tercanggih buatan manusia yang sengaja dipersiapkan untuk menjelajah Mars. Sejak mendarat di permukaan planet merah pada 5 Agustus 2012 silam, Curiosity menemukan adanya bukti aliran air di Mars pada masa lampau.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com