Kompas.com - 08/02/2013, 19:50 WIB
Editoryunan

KOMPAS.com — Untuk kali pertama, robot teranyar NASA, Curiosity, melakukan operasi pengeboran di Planet Mars. Dalam pengumuman yang dilakukan pada Kamis (7/2/2013) oleh para peneliti yang terlibat dalam misi ini, Curiosity disebutkan menggali lubang kecil sedalam dua sentimeter ke batuan Mars bernama "John Klein".

Batu John Klein sengaja dipilih sebagai lokasi pengeboran perdana karena dianggap memegang petunjuk besar sejarah air di Mars. Selain itu, aktivitas yang dinamai "mini-drill test" ini menandai pemakaian perdana palu dan bor Curiosity secara bersamaan.

Robot ini melumat batu yang ada dan menciptakan partikel yang cocok untuk digunakan sebagai sampel. Foto dari pengeboran pertama Curiosity menunjukkan lubang bulat sempurna.

"Jika hasil pengeboran lubang baru lolos evaluasi cocok untuk diproses, tim rover ini berencana melanjutkan dengan pengeboran penuh pertama pada beberapa hari mendatang," ujar pernyataan manajer misi ini.

Konfirmasi pertama mengenai pengeboran ini diterima tim di Jet Propulsion Laboratory (JPL), Pasadena, California, pada Rabu (6/2/2013) lalu. Sebelumnya, sudah dilakukan beberapa tes pengeboran, tapi hanya menggunakan palu.

"Tim ini berencana menggunakan instrumen laboratorium Curiosity untuk menganalisis isi batu tersebut agar bisa mempelajari sejarah lingkungan lokasi," tambah pernyataan manajer misi.

Curiosity merupakan robot tercanggih buatan manusia yang sengaja dipersiapkan untuk menjelajah Mars. Sejak mendarat di permukaan planet merah pada 5 Agustus 2012 silam, Curiosity menemukan adanya bukti aliran air di Mars pada masa lampau.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.