Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terjun ke Ciliwung, Pemuda Tuna Rungu Selamat

Kompas.com - 16/01/2013, 20:29 WIB
Fabian Januarius Kuwado

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebuah insiden terjadi di tengah bencanah banjir yang terjadi di Kampung Pulo, Jatinegara, Jakarta Timur, Rabu (16/1/2013) malam. Seorang pemuda tuna rungu hanyut di Sungai Ciliwung. Beruntung, dia berhasil diselamatkan oleh pemuda setempat.

Hendra (32), warga RT 04 RW 12, Bukit Duri, Jakarta Selatan mengatakan, pemuda tuna rungu tersebut diketahui menerjunkan diri dari Jembatan Tong Tek ke aliran sungai yang sedang berarus kencang tersebut. Aksi konyolnya pun mengundang kekhawatiran warga yang melihat.

"Pertama yang nolongin ada teman saya si Ari, pas sudah diselamatkan ternyata dia malah loncat lagi ke sungai," ujarnya kepada Kompas.com sesaat setelah kejadian mengejutkan tersebut.

Hendra menjelaskan, saat pemuda malang itu melompat ke aliran sungai untuk yang kedua kalinya, warga setempat tak berhasil menolong pemuda yang hanya mengenakan celana dalam berwarna hitam tersebut. Alhasil, tubuh pemuda itu pun sempat hanyut sejauh sekitar 30 meter. Tak hanya itu, tubuh pemuda yang diduga stres itu sempat terantuk bagian bawah jembatan besi. Pasalnya, permukaan air sungai memiliki batas sama dengan bagian bawah jembatan. Akibatnya ia mengalami luka di sekujur wajahnya.

"Saya sebenarnya lagi bersih-bersih lumpur di rumah, dengar warga teriak-teriak begitu, saya langsung ikut nyemplung nyelametin dia, akhirnya selamat," kata Hendra.

Kondisi fisik pemuda tersebut saat berhasil diangkat dari derasnya arus air sungai terlihat cukup buruk. Gigi serta sekujur tubuhnya bergetar karena kedinginan. Warga pun memberi pemuda tersebut sebuah kaos berwarna biru untuk sekadar menghangatkannya. Selanjutnya, pemuda itu dibawa ke Puskesmas Jatinegara.

Usai berada di ruang rawat Puskesmas, dengan terbata-bata ia mengaku bernama Musidim, berusia 25 tahun. Ia tinggal di dekat masjid yang berada di Bukit Duri, Jakarta Selatan. Namun, ketika ditanya motif mengapa nekat menceburkan dirinya ke Ciliwung, ia hanya diam. Insiden tersebut sempat menghebohkan ratusan warga yang tengah asik menonton derasnya aliran Sungai Ciliwung. Warga berteriak histeris saat detik-detik penyelamatan pemuda malang tersebut.

Berita terkait, baca :

BANJIR RENDAM JAKARTA

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Video Pilihan Video Lainnya >

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com