Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebanyak 20 RT di Wijaya Kusuma Terendam Banjir

Kompas.com - 16/01/2013, 16:10 WIB
Alfiyyatur Rohmah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 20 RT di RW 05, RW 07, dan RW 08 Kelurahan Wijaya Kusuma, Grogol Petamburan terendam banjir dari luapan Kali Angke, Jakarta Barat. Sekitar 5.350 jiwa dari 1.750 Kepala Keluarga terendam air dengan ketinggian sekitar 1 meter.

"Paling parah di RW 05, ketinggian air sampai 1,2 meter," kata Amrin Ismail, Lurah Wijaya Kusuma di Grogol Petamburan pada Rabu (16/1/2013).

Amrin Ismail mengatakan, di RW 05 terdapat sembilan RT yang terendam banjir, yaitu RT 01, 02, 03, 06, 07, 08, 09, 10 dan RT 11. Terdapat 2.500 jiwa dari 800 kepala keluarga yang tergenang air di RW tersebut. Mereka mengungsi di Masjid Nurul Islam dekat gedung Kopri, Kelurahan Wijaya Kusuma.

RW lain yang terendam banjir, kata Amrin Ismail, adalah RW 07 Wijaya Kusuma. Sebanyak tujuh RT di RW tersebut tergenang air setinggi 30 cm hingga 1,2 meter. Sedangkan di RW 08 terdapat empat RT yang terendam banjir, yaitu RT 02, 03, 04, dan RT 05.

Menurut Amrin, luapan banjir berasal dari Kali Angke yang berasal dari Kali Mookervart. Pompa air tidak bisa digunakan karena banjir bukan berasal dari hujan, tetapi luapan kali-kali besar. Sampai saat ini, kata Amrin, bantuan sudah datang dari Palang Merah Indonesia (PMI), Dinas Sosial DKI, posko kesehatan, dan posko dari kecamatan.

Sebagian warga masih ada yang menunggu rumah, sedangkan korban banjir wanita dan balita telah mengungsi ke tempat-tempat pengungsian. Pantauan Kompas.com, posko-posko kesehatan dan dapur umum berdiri di beberapa titik. Bahkan di Jalan Raya Tubagus Angke terdapat tiga tenda yang dipasang di badan jalan untuk para pengungsi banjir.

Berita terkait, baca :

BANJIR RENDAM JAKARTA

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Video Pilihan Video Lainnya >

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com