Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalan Jatinegara Barat Masih Terputus

Kompas.com - 16/01/2013, 09:14 WIB
Fabian Januarius Kuwado

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Akibat meluapnya air di Sungai Ciliwung ruas Jatinegara, Selasa malam, hingga Rabu (16/1/2013) pagi, Jalan Jatinegara Barat, Jatinegara, Jakarta Timur, masih tidak bisa dilalui oleh kendaraan bermotor. Polisi pun memberlakukan sistem lawan arus bagi kendaraan yang hendak menuju Jalan Matraman.

Asep Taryana (33), salah seorang petugas kebersihan, mengatakan bahwa jalan penghubung antara Otista dan Matraman tersebut terputus sejak Selasa pukul 19.00 WIB. Tinggi muka air berangsur-angsur meningkat hingga mencapai puncak ketinggian pada Rabu dini hari.

"Kalau semalam kan cuma sebetis. Kalau tadi sekitar pukul 03.00 WIB, air sampai pinggang di jalanan ini, batasnya handle pintu ruko aja," ujar Asep kepada Kompas.com di lokasi, Rabu pagi.

Berdasarkan pantauan di lapangan, ruas Jalan Jatinegara Barat yang tergenang adalah mulai dari depan SPBU Balimester hingga depan Sekolah Santa Maria, atau berjarak 1 kilometer. Ketinggian pada Rabu pagi bervariasi antara semata kaki dan sebetis orang dewasa.

Kondisi memprihatinkan itu menjadi tontonan warga sekitar yang penasaran dengan apa yang terjadi. Ada warga yang berkerumun di ujung genangan sambil mengobrol, ada juga warga yang melihat kondisi Sungai Ciliwung dari dekat dengan menerobos genangan. Beberapa di antara mereka adalah ibu-ibu dan anak kecil.

Contra flow atau lawan arus bagi kendaraan yang hendak ke Jalan Matraman melalui Jalan Balimester tembus ke Jalan Jatinegara Timur hingga berakhir di Jalan Matraman, yaitu depan Gereja Koinonia.

Adapun arus lalu lintas di sekitar jalan itu terpantau padat merayap, sementara cuaca di wilayah Jatinegara, Jakarta Timur, terpantau mendung disertai gerimis tipis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Video Pilihan Video Lainnya >

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com