Kompas.com - 15/01/2013, 17:38 WIB
|
Editoryunan

CALIFORNIA, KOMPAS.com - Wahana antariksa Ebb dan Flow usai menuntaskan misinya mengelilingi Bulan pada 17 Desember 2012 lalu. Kedua wahana yang tergabung dalam misi Gravity Recovery and Interior Laboratory (GRAIL) tersebut "bunuh diri" dengan menabrakkan diri ke kawah Bulan.

Senin (14/1/2013), Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) merilis video terakhir yang diambil wahana Ebb saat mengelilingi Bulan. Video tersebut diambil 3 hari sebelum wahana itu bunuh diri, pada 14 Desember 2012.

Dalam video tersebut, tampak permukaan Bulan yang tak rata, seperti wajah yang penuh jerawat. Ebb menunjukkan, Bulan memang mengalami masa-masa "keras" dimana banyak benda langit seperti asteroid menumbuknya selama miliaran tahun. Video itu berdurasi dua menit.

Saat video tersebut diambil, Ebb tengah mengitari Bulan pada ketinggian 10 km. Video diambil dengan kamera MoonKAM (Moon Knowledge Acquired by Middle school students). Ebb tengah berada di atas belahan utara Bulan, di dekat kawah yang bernama Jackson.

Diluncurkan pada September 2011, Ebb dan Flow memiliki beberapa pencapaian, diantaranya memetakan gravitasi Bulan. Misi Ebb dan Flow harus berakhir karena bahan bakar yang habis. Keduanya bunuh diri di wilayah bernama Sally Ride, nama tempat yang diambil berdasarkan nama astronot perempuan NASA yang meninggal Juli 2012 lalu.

 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.