Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi: Silpa untuk Macet, Banjir, dan Ruang Terbuka Hijau

Kompas.com - 11/01/2013, 02:31 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mengakui ada penambahan besaran anggaran Sisa Lebih Penggunaan Anggaran (Silpa) APBD 2012. Silpa APBD 2012 diprediksikan mencapai Rp 9 hingga Rp 10 triliun. Silpa APBD 2012 itu akan digunakan Jokowi untuk antisipasi macet, banjir, dan perluasan ruang terbuka hijau (RTH).

"Saya sudah ngomong, jumlah Silpa APBD 2012 kira-kira akan mencapai Rp 9 sampai 10 triliun," kata pria yang akrab disapa Jokowi, di Balaikota Jakarta, Kamis (10/1/2013).

Besaran Silpa APBD 2012 itu, kata Jokowi, akan digunakan untuk pembiayaan pengurai kemacetan lalu lintas di Jakarta, antisipasi banjir, dan penambahan luas RTH di wilayah Ibu Kota. "Tapi, memang khususnya untuk RTH. Kita mengejar target 30 persen sesuai dengan undang-undang dan akan digunakan untuk membeli lahan RTH," katanya.

Dengan adanya perubahan besaran Silpa yang awalnya diprediksi hanya Rp 5,2 triliun, struktur Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) DKI 2013 juga akan berubah. "Ya struktur APBD DKI 2013 bisa berubah, tapi kalau untuk KUA PPAS 2013 bukan berubah, tapi mengalami penambahan program yang dianggarkan melalui Silpa," kata Jokowi.

Terkait dengan penambahan RTH, sampai saat ini masih terkendala dengan pembelian tanah yang juga dialami pada tahun 2012. Oleh karena itu, Jokowi menegaskan Pemprov DKI akan lebih teliti dalam pembebasan tanah untuk RTH, yang berarti lahan tersebut harus jelas hukumnya dan ada sertifikatnya. "Kalau mau cepat, ya beli yang sudah clear masalah hukumnya dan tidak ada sengketa," ujar Jokowi.

Untuk diketahui saja, terjadi perubahan besaran Silpa APBD 2012. Besaran Silpa APBD 2012 diprediksi mencapai Rp 9,2 triliun. Dari Rp 9,2 triliun, sebanyak Rp 5,2 triliun sudah dianggarkan dalam RAPBD DKI 2013.

Selain itu, ada revisi dari Pemprov DKI ada tambahan SiLpa sebesar Rp 3,1 triliun yang akan dimasukkan dalam RAPBD DKI 2013. Diprediksikan akan ada lagi tambahan Silpa dalam APBD Perubahan 2013 sebesar Rp 900 miliar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Video Pilihan Video Lainnya >

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com