Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cuaca Ekstrem di Lampung Dipicu Siklon Narelle

Kompas.com - 10/01/2013, 19:09 WIB
Yulvianus Harjono

Penulis

BANDAR LAMPUNG, KOMPAS.com - Munculnya cuaca ekstrem yang ditandai angin kencang dan gelombang tinggi di wilayah Lampung bagian selatan dua hari terakhir adalah akibat dampak siklon Narelle yang bibitnya terjadi di perairan Australia.

Sawardi, Kepala Seksi Observasi dan Informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Raden Intan Lampung, Kamis (10/1/2013) mengungkapkan, cuaca buruk yang menganggu kegiatan pelayaran di Bakauheni - Merak merupakan ekses dari siklon Narelle yang terjadi di perairan barat laut Australia.

"Ekor siklon ini mencapai wilayah Indonesia, termasuk di Lampung bagian selatan dan barat. Ini menimbulkan gelombang tinggi hingga 3 - 4 meter dan kecepatan angin hingga 25 knot. Kondisi ini cukup berbahaya bagi kapal nelayan dan kapal cepat," ujarnya.

Di Lampung, selain Bakauheni, daerah yang terkena dampak cuaca ini adalah Kota Bandar Lampung, Tanggamus, Pesawaran dan Lampung Barat.

Dua hari terakhir, warga di daerah ini kerap merasakan hujan deras disertai angin kencang yang merobohkan pepohonan. Kondisi cuaca semacam ini, ungkap Sawardi, diperkirakan berlangsung hingga dua hari ke depan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Video Pilihan Video Lainnya >

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com