Kompas.com - 09/01/2013, 15:51 WIB
|
Editoryunan

JAKARTA, KOMPAS.com — Asteroid Apophis memang tak mungkin diamati secara langsung dari Indonesia. Asteroid ini tak melintas di atas wilayah Indonesia dan kecerlangannya pun redup, magnitudnya cuma 19,2. Meski demikian, terima kasih kepada teknologi. Manusia masih bisa melihatnya secara online.

Berdasarkan keterangan resmi dari situs Slooh.com, situs tersebut akan menyiarkan secara langsung peristiwa lewatnya Apophis. Warga Indonesia bisa melihat Apophis melintas di jarak "hanya" 14,5 juta km dari permukaan Bumi lewat PC ataupun perangkat mobile Android.

Astrofisikawan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) saat dihubungi Kompas.com, Rabu (9/1/2013), mengatakan bahwa titik terdekat asteroid Apophis dengan Bumi akan dicapai pada Kamis (10/1/2013) sekitar pukul 07.00 WIB. Saat itulah, tayangan langsung Slooh mulai bisa dilihat.

Apa istimewanya asteroid ini? Ditemukan tahun 2004, asteroid ini pernah diperkirakan akan menumbuk Bumi. Prediksi pertama, tumbukan akan terjadi pada tahun 2029, sementara prediksi kedua pada tahun 2036.

Kini, kedua prediksi tersebut bisa dibilang gugur. Tumbukan tahun 2036, misalnya, diperkirakan akan terjadi pada 13 April di tahun tersebut dengan peluang 1 : 45.000. Kini, peluang direvisi menjadi 1 : 250.000. Dengan demikian, peluang tumbukan hampir nol.

Jika tumbukan sampai terjadi, maka ledakan setara 100.000 kali bom Hiroshima akan merusak sebagian Bumi. Dengan prediksi yang hampir nol, manusia tak perlu khawatir bahwa asteroid ini akan menyebabkan kepunahan.

 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.