Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Angin Kencang, Puluhan Pohon Tumbang di Parepare

Kompas.com - 09/01/2013, 09:20 WIB
Kontributor Pinrang, Suddin Syamsuddin

Penulis

PAREPARE, KOMPAS.com - Hujan yang disertai angin kencang melanda Kota Parepare, Sulawesi Selatan, Rabu (9/1/2013) dini hari tadi. Dinas Kebersihan dan Pertamanan, Kota Parepare mencatat, ada 20 pohon besar yang tumbang sejak Selasa 8 Januari 2013.

"Sudah sekira 20 pohon tumbang, yang menghalangi berbagai ruas jalan di Kota Parepare. Kita dibantu pihak Kepolisan bersama warga, membersihkan pohon yang menghalangi arus lalulintas," Jelas Kabid Pertamanan, Dinas Kebersihan, Kota Parepare Adam Basit.

Pohon yang tumbang antara lain terdapat di Jalan Hasanuddin, Jalan Andi Makkasau, Jalan Bau Massepe, Jalan Ahmad Yani, dan Jalan Pelanduk. Sementara itu pohon tumbang yang paling bersar dan mengakibatkan kemacetan sekira 3 kilometer terjadi di Jalan Trans Sulawesi, yang menghubungkan Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat.

Kapolres Parepare AKBP Suprayitno, yang mengerahkan semua personelnya terjun langsung mengangkat dan membersihkan pohon tumbang di Jalan Trans Sulawesi tersebut.

"Kami diperintahkan untuk membantu masyarakat oleh Kapolres sendiri. Dan beliau terjun langsung membersihkan dan mengangkat ranting-ranting, sehingga jalan trans Sulawesi, yang sempat terhalang sekira 3 jam itu, bisa dilalui oleh pengendara yang antre," jelas Kapolsek Soreang AKP Muhammad Thaha.

Dalam kejadian ini, ratusan atap seng rumah warga terbang, serta sejumlah kabel listrik PLN, yang putus akibat pohon tumbang, tidak ada korban jiwa, namun kerugian ditaksir ratusan juta rupiah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com