Kompas.com - 08/01/2013, 20:56 WIB
|
EditorRobert Adhi Ksp

NANJING, KOMPAS.com - Para peneliti di Kampus Ilmu Kehidupan Universitas Pertanian Nanjing China menemukan zat antimikroba dalam peredaran daerah fauna panda yang mampu membunuh sebagian besar bakteri.

Di antaranya, bakteri yang resisten terhadap antibiotik. Seperti dikutip Livescience (7 Januari 2013), berdasar laporan surat kabar di Inggris (Daily Telegraph), analisa DNA pada gen binatang terancam punah ini menunjukkan keberadaan antimikroba jenis cathelicidin-AM.

Komponen ini mampu membunuh bakteri kurang dari satu jam. Reaksinya jauh lebih cepat dibanding antibiotik umumnya yang membutuhkan waktu enam jam untuk bekerja secara efektif.

Temuan ini memberi harapan baru dalam pertarungan manusia melawan mikroba yang menghadapi peningkatan jumlah mikroba yang tahan terhadap antibiotik konvensional.

"Sangat penting untuk membangun tipe baru antimikroba," kata Ziuwen Yan, ketua penelitian. Selain bermanfaat bagi bidang kesehatan, temuan ini semakin membuka arti penting perlindungan terhadap binatang asli China yang diperkirakan tersisa 1.600 di alam.

Reproduksi mamalia ini lambat dan susah berkembang biak di lokasi eksitu. Habitat panda terancam oleh kebutuhan lahan pertanian. Perubahan iklim juga berperan serta dalam menjaga kelestarian hutan bambu yang menjadi makanan panda.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.