Kompas.com - 08/01/2013, 14:58 WIB
|
EditorGlori K. Wadrianto

BATU, KOMPAS.com - Rusa jenis Common Eland, asal Afrika Selatan (Afsel), golongan Antelope (hewan bertanduk), yang dipelihara di museum satwa, Secreet Zoo, Jatim Park 2, kini sudah bertambah satu. Rusa yang diberi nama Dian, lahir 28 Desember 2012 lalu. "Dian" dilahirkan dari pejantan yang bernama "Jono" dan betina "Rosi".

Menurut penanggungjawab kesehatan hewan Secret Zoo, Dokter hewan Purnama Susanti, saat ditemui, Selasa (8/1/2013), proses kelahiran "Dian" tergolong sukses. "Lahirnya melalui kelahiran normal," katanya.

Berat lahir "Dian" sekitar 30 kilogram. Setelah lahir, hanya butuh waktu satu jam lebih untuk bisa berdiri di kandangnya. "Dian itu di kandungan selama 9 bulan," katanya.

Lebih lanjut Susanti menjelaskan, lama bunting rusa tersebut berbeda dengan rusa biasanya. "Karena rusa ini hampir sama dengan sapi (Bovidae). Sedangkan rusa biasa buntingnya hanya sekitar 6 bulan," katanya.

Rusa jenis ini di secret zoo, ada lima ekor. Betina dua ekor dan jantan tiga ekor. "Semuanya didatangkan langsung dari Afrika Selatan empat tahun lalu," katanya.

Bunting hewan itu terbilang susah, karena harus beradaptasi dengan suhu. "Pada waktu awal, satu betina tidak bagus, karena kurus, ada parasit di tubuhnya. Perjalanan jauh, akhirnya satu betina tidak survive," katanya.

Sebelum "Dian" lahir, sudah lahir anak Rusa yang diberi nama Joni, yang kini sudah berumur 2 tahun, dengan indukannya bernama "Siti". "Jika Rusa terlalu banyak diberi makan, akan lama melahirkan. Semoga 2013 nanti berhasil lagi," kata Purnama.

Kelahiran "Dian" menambah daftar beberapa hewan di museum Jatim Park 2 yang lahir pada tahun 2012 ini. Yakni, harimau, Onta, sapi Texas, anjing afrika, Singa, weldebis, orik, elend, long hon. Impala, golden lion tamarin, lemur (primata), dan bron lemur. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.