"Bunga" di Mars, Petunjuk Adanya Kehidupan?

Kompas.com - 06/01/2013, 13:10 WIB
|
Editoryunan

CALIFORNIA, KOMPAS.com - Wahana antariksa milik Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) kembali menangkap citra unik di Mars. Kali ini, Curiosity menangkap objek yang kemudian disebut bunga di Mars.

Foto tersebut diambil Curiosity saat bergerak di wilayah Mars yang disebut Yellowknife Bay. Jurnalis dan fotografer NBC, Ken Kramer, telah mengedit citra Curiosity itu untuk membuatnya lebih realis.

Apakah objek tersebut memang bunga di Mars? Pastinya tidak. Istilah bunga di Mars muncul saat salah satu pembaca di Above Top Secret memberikan komentar singkat untuk menyebut objek itu. "Martian Flower".

Dalam komentar itu, seseorang dengan nama Arken mengatakan, "Albedo (refleksitifas objek akan cahaya Matahari) objek ini sangat tinggi, objek ini transparan, tak beraturan, tekstur area yang lebih luas halus dan tampaknya berada di tanah. Ini adalah anomali benda transparan kedua yang dideteksi di Kawah Gale (tempat Curiosity mendarat)."

Objek ini semula diduga debris dari Curiosity. Pasalnya, pada bulan Oktober lalu, Curiosity juga semoat menangkap objek transparan. Setekah diselidiki, ternyata benda transparan itu adalah sampah Curiosity sendiri.

Namun, Guy Webster, juru bicara NASA mengatakan bahwa benda itu bukan plastik sampah Curiosity. Objek itu tampaknya adalah bagian dari batu Mars, bukan debris wahana antariksa," katanya seperti dikutip NBC, Jumat (4/1/2013).

Kalau benda itu ternyata asli berasal dari Mars, mungkinkah sifat transparannya menunjukkan adanya kondisi yang mendukung adanya makhluk hidup di Mars? Mungkinkah objek itu adalah material organik?

 

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X