Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fakta Paling Mengejutkan Bonobo Kerabat Manusia

Kompas.com - 03/01/2013, 11:33 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis

NORTH CAROLINA, KOMPAS.com — Hasil studi terbaru tentang Bonobo, salah satu jenis kera besar kerabat manusia, mengejutkan. Bonobo ternyata lebih terbuka dibanding manusia. Mereka suka berbagi dengan individu asing atau belum dikenalnya.

Ilmuwan mengetahuinya setelah mempelajari bonobo di Taman Margasatwa Loya ya Bonobo di Kinshasha, Kongo. Ilmuwan menyebut, hasil penelitian ini adalah "salah satu fakta paling gila yang pernah ditemukan".

"Ini kelihatan gila bagi kita, tapi Bonobo memilih untuk berbagi dengan individu asing. Mereka mencoba memperluas jaringan," kata Brian Hare, profesor antropologi evolusi di Duke University, yang memimpin penelitian.

Seperti dikutip Physorg, Rabu (2/1/2012), Hare berpendapat bahwa berbagi dengan individu asing lebih bernilai untuk memperluas pertemanan daripada membagi dengan yang sudah dikenal untuk mempertahankan pertemanan.

Hare melakukan beberapa eksperimen sebelum sampai pada kesimpulan tersebut. Ia meletakkan makanan tepat di tengah pagar yang memisahkan dua bonobo, satu yang dikenal, satu yang tidak. Bonobo tahu bagaimana membuka pagar dan mengakses kandang lain. Bonobo bisa saling berpandangan.

Penelitian mengungkap, dari sebanyak 14 bonobo yang diikutsertakan dalam eksperimen, 9 di antaranya memilih untuk berbagi makanan dengan individu asing. Hanya dua individu yang memilih berbagai dengan yang sudah dikenal, sementara 3 memakannya sendiri.

Hare kemudian melakukan eksperimen untuk mengetahui motivasi bonobo berbagi. Pada set eksperimen pertama, bonobo diberi akses untuk berinteraksi. Pada set eksperimen kedua, bonobo hanya diminta berbagi, tetapi tak diberi akses berinteraksi.

Hasil menunjukkan bahwa reaksi bonobo berbeda. "Bonobo peduli satu sama lain. Mereka akan berbagi meskipun hanya memiliki benefit sedikit, tetapi ketika tak melihat benefit apa pun, mereka takkan berbagi." Hasil penelitian dipublikasikan di jurnal PLoS ONE, kemarin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com