Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Andalkan Turis Asia

Kompas.com - 01/01/2013, 15:43 WIB

PASADENA, KOMPAS.com - Indonesia mengandalkan peningkatan kunjungan wisata turis mancanegara asal Asia untuk mendorong pertumbuhan pariwisata sekitar 10  persen.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Mari Elka Pangestu, di sela-sela penjurian turnamen bunga di Pasadena, California, Amerika Serikat (AS), Senin (31/12/2012) menyatakan optimistis kunjungan wisman masih tumbuh tahun 2013, meskipun perlambatan ekonomi di kawasan Uni Eropa dan AS masih terjadi.

"Kami masih optimistis. Kami lihat sektor pariwisata cukup bertahan dalam keadaan krisis," ujarnya.

Mari mencontohkan tahun 2012 meskipun kawasan Uni Eropa masih dilanda krisis utang dan ekonomi AS masih lambat, sektor pariwisata dan kunjungan turis mancanegara (wisman) masih tumbuh lima persen. 

"Pertumbuhan pariwisata Indonesia itu masih di atas pertumbuhan pariwisata global yang hanya 3-4 persen," katanya.

Kemenparekraf menargetkan tahun 2012 Indonesia dikunjungi sekitar delapan juta wisman. Oleh karena itu, Mari masih optimis jumlah kunjungan  masih tumbuh tahun 2013, karena pertumbuhan ekonomi dunia diperkirakan membaik.

Apalagi, kata dia, negara-negara di kawasan Asia tidak terkena dampak parah dari krisis utang di kawasan Uni Eropa.

"Kami mengandalkan kunjungan dari kawasan sekitar Asia. Pada keadaan krisis, orang jalan-jalan ke tempat yang jaraknya lebih dekat," katanya.

Mari berharap kedatangan wisatawan dari Asia bisa menutup kekurangan kunjungan wisatawan asal Uni Eropa yang masih mengalami krisis.

 Ikuti twitter Kompas Travel di @KompasTravel

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com