Tutup Tahun, Masih Ada Gajah Diracun

Kompas.com - 27/12/2012, 21:40 WIB
Editoryunan

BANDA ACEH, KOMPAS.com - Seekor gajah Sumatera (Elephant maximus sumatranus) jantan yang diperkirakan berusia 15 tahun, ditemukan tewas diduga akibat diracun di kawasan Curek, Kabupaten Aceh Jaya, Provinsi Aceh.

Komandan Ranger CRU Sampoiniet Muchtar yang dihubungi dari Banda Aceh Kamis mengatakan, dugaan sementara bahwa gajah yang sudah tidak bergading itu mati sekitar dua bulan lalu.

"Saat kami temukan hanya tinggal tulang, dugaan sementara gajah tersebut mati akibat diracun," kata Muchtar, Kamis (27/12/2012).

Sebelumnya, dua ekor gajah liar juga ditemukan mati akibat diracun di pinggiran Gunung Krueng Bekah Kabupaten Aceh Jaya.

Seekor ditemukan tewas di atas badan jalan lintas SP Empat dan SP Lima dan satu lainnya di alur Krueng (sungai) Oen, Desa Pante Kuyun, Kecamatan Setia Bakti, Kabupaten Aceh Jaya

Muchtar mengatakan konflik gajah di kawasan pinggiran gunung Krueng Bekah yang berjarak sekitar 30 kilometer barat Calang, Ibu Kota Aceh Jaya, telah terjadi sejak tujuh tahun terakhir.

"Kawanan gajah memang sering turun ke pemukiman penduduk, merusak ladang dan perkebunan warga," katanya.

Menurutnya satwa berbelalai panjang turun ke pemukiman penduduk akibat habitatnya terganggu penebangan liar, katanya.

 

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X