Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rumah Pompa Air Dibersihkan

Kompas.com - 27/12/2012, 03:06 WIB

Jakarta, Kompas - Sejumlah bangunan semipermanen di RW 011 Kelurahan Petamburan, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat, dibongkar, Rabu (26/12). Pembongkaran dilakukan karena bangunan tersebut menutup saluran air dan rumah pompa air.

Wakil Lurah Petamburan Arif Subhan mengatakan, selama ini pembersihan dan pemeliharaan rumah pompa sulit dilakukan karena akses masuk terhalang bangunan. ”Setelah bangunan dibersihkan, pembersihan saluran dan rumah pompa akan dilakukan Sudin PU Tata Air Jakarta Pusat,” kata Arif.

Di selokan di depan rumah pompa tersebut, tumpukan sampah terjaring saringan besi. Biasanya, menurut Arif, sampah diambil secara manual sehingga jumlah yang terangkat dari air sangat sedikit.

Setelah pembersihan ini, Arif mengatakan, petugas bisa lebih mudah mengakses ke lokasi dan membersihkan sampah dengan alat berat. Dengan demikian, kinerja pompa tidak lagi terhalang sampah yang tersedot masuk dan merusak mesin. Setelah pembersihan, pengoperasian pompa diharapkan bisa lebih maksimal. Selain itu, truk pengangkut sampah juga bisa mendekati saluran air untuk menampung sampah yang sudah diangkat dari saluran.

Sekretaris Kelurahan Petamburan Suherman mengatakan, pembongkaran bangunan di depan rumah pompa sudah dilakukan sejak Kamis pekan lalu. ”Bangunan yang dibongkar ini semula dipakai sebagai kios pasar pintu air,” kata Suherman menjelaskan.

Setelah pembongkaran, Suherman mengatakan, tidak boleh lagi ada bangunan yang menghalangi akses rumah pompa.

Di Jakarta Pusat, Kelurahan Petamburan merupakan salah satu kelurahan yang rawan banjir. Meskipun sudah ada 2 rumah pompa di kelurahan ini, banjir masih melanda. Terakhir, banjir melanda 7 rukun warga di Kelurahan Petamburan, Sabtu pekan lalu.

Sebelumnya, petugas juga membongkar bangunan yang menutup saluran air yang menghubungkan Kanal Barat. Selama tertutup bangunan, saluran air itu dipenuhi sampah sehingga kapasitas saluran untuk menampung air berkurang.

Kanal Barat

Di tempat lain, Kepala Sudin PU Tata Air Jakarta Barat Monang Ritonga mengatakan, Senin (24/12) dan Selasa (25/12) malam, Kanal Barat di RT 007 RW 010, Grogol Petamburan, terutama di sekitar Season City, dibersihkan dari sampah. Pengerukan dilakukan dengan satu alat berat dan empat truk.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com