Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dulu, Reptil Laut Menginvasi Sungai

Kompas.com - 26/12/2012, 19:56 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis

BUDAPEST, KOMPAS.com - Reptil purba golongan Mosasaurus hidup di masa Cretaceous, 66 - 100 juta tahun lalu. Golongan satwa ini diketahui punya habitat di wilayah laut dangkal.

Penemuan baru mengungkap adanya Mosasaurus di sungai. para palaentolog beranggapan, golongan Mosasaurus mungkin juga beradaptasi di lingkungan sungai seperti halnya lumba-lumba di Asia.

Spesies Mosasaurus yang ditemukan di sungai itu dinamai Pannonisaurus inexpectatus. Temuan dipublikasikan di jurnal PLoS ONE.

Analisis fosil menunjukkan, reptil itu punya alat gerak seperti hewan darat, tengkorak memipih seperti buaya dan ekor yang panjangnya mencapai setengah panjang tubuh.

"Hewan ini menggoyangkan ekornya seperti buaya untuk membantu bergerak di air. Mereka hanya memakai alat gerak untuk mengerem dan menentukan arah," ungkap Laszlo Makade, palaentolog dari Hungarian Natural History Museum yang terlibat studi.

Seperti diberitakan New York Times, Senin (24/12/2012), fosil ini ditemukan di penambangan bauksit di Pegunungan Bakony, Hungaria bagian barat. Tahun 1999, fosil Mosasaurus juga ditemukan di batuan di wilayah daratan Kanada.

Makadi mengatakan, "Hewan itu mungkin hanya merambah sungai dan mati di sana tetapi tidak secara khusus hidup di sana.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com