Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siap-siap... Merancang "Open House" dengan Sistematis!

Kompas.com - 21/12/2012, 12:29 WIB

KOMPAS.com - Masyarakat Indonesia memiliki kebiasaan unik setiap kali merayakan hari raya. Kebiasaan tersebut sering kita sebut dengan istilah open house. Pada kesempatan semacam ini, keluarga, kerabat, serta tetangga boleh mengunjungi rumah sang tuan rumah untuk sekadar mengucapkan selamat, makan bersama, atau bercengkrama.

Anda salah satu yang mengadakan open house pada Natal tahun ini? Membayangkannya, tentu seru! Hanya, perlu dipastikan rumah Anda telah siap untuk menerima para tamu. Jangan biarkan tamu melihat kondisi rumah Anda berantakan dan terkesan tidak terawat.

Beruntungnya, Anda punya empat hari ke depan untuk rencana open house ini. Berikut tips agar Anda dapat membersihkan rumah dengan sistematis tanpa terburu-buru:

Berkeliling

Pertama, mulailah mencicil kegiatan dengan menjelajahi setiap sudut rumah Anda, seolah Anda adalah tamu di rumah Anda sendiri. Berpikirlah dengan cara pandang orang-orang yang jarang bertandang ke rumah Anda, atau bahkan belum pernah sama sekali berkunjung. Dengan begini, Anda dapat melihat bagian mana saja dari rumah Anda yang perlu dibenahi.

Kerjasama

Kedua, libatkan seluruh anggota keluarga Anda. Umumnya, pekerjaan yang dikerjakan bersama-sama akan terasa lebih ringan, mulai membersihkan jendela, menyedot debu pada kasa jendela, atau mencuci gorden yang sudah terlihat kumal dan kotor. Selain gorden, jangan lupa mencuci seprai kamar tamu Anda.

Kamar mandi

Keempat, bersihkan kamar mandi secara menyeluruh, termasuk lemari obat atau kotak P3K di kamar mandi Anda.

Tumpukan barang

Di hari kedua, singkirkan tumpukan barang di kamar Anda. Perhatikan juga kamar yang akan digunakan oleh tamu Anda. Cucilah seprai dan perlengkapan tidur lainnya. Selain itu, bersihkan juga throw rugs atau bantal-bantal yang ada di ruang tamu dan ruang keluarga Anda.

Dapur

Di hari ketiga, saatnya Anda berkonsentrasi pada ruang dapur. Bersihkan permukaan dapur dari minyak dan kotoran. Jangan lupa, kosongkan juga lemari es untuk memberikan tempat bagi penyimpanan makanan dan minuman pesta Anda. Setelah itu, kosongkan tempat sampah di dapur dan di seluruh rumah Anda.

Ruang tamu

Selesai membereskan dapur, tiba waktunya Anda membenahi area yang akan "menyambut" tamu Anda. Sapulah bagian depan rumah Anda, kilapkan handel pintu, dan dekorlah pintu rumah Anda. Hilangkan debu dari rak buku, bingkai foto, dan barang-barang seni di rumah Anda, terutama pada bagian foyer.

Finishing

Di hari terakhir atau hari keempat, giliran Anda melakukan persiapan terakhir, mulai dari memasang gorden, seprai, dan bantal yang telah Anda cuci sebelumnya. Selain itu, gantungkan handuk yang baru dicuci di area kamar mandi, terutama kamar mandi untuk tamu Anda.

Nah, kini Anda telah siap menggelar open house!

(Sumber: http://www.bhg.com)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Video Pilihan Video Lainnya >

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com