Kompas.com - 21/12/2012, 07:42 WIB
|
Editoryunan

KOMPAS.com — Kiamat bisa disaksikan secara online. Proses kiamat bisa menjadi tontonan. Tentu yang dimaksud bukan kiamat sebenarnya, melainkan kiamat 2012 yang berdasarkan kesalahan interpretasi kalender suku Maya jatuh pada Jumat (21/12/2012).

Terkait dengan rumor kiamat suku Maya hari ini, situs web Slooh.com akan menyiarkan langsung hasil pengamatan dengan teleskop di Cayman Islands, Arizona. Teleskop ini akan mengamati adanya asteroid, badai Matahari, ataupun planet yang sesuai skenario rumor bakal menghancurkan Bumi.

"Daripada menawarkan penjelasan ilmuwan yang menyangkal banyak skenario konyol kiamat dan yang sudah diketahui semua orang, Slooh akan mempersilakan orang untuk melihatnya sendiri," kata Bob Berman, kolumnis majalah Astronomy, seperti dikutip LA Times, Kamis (20/12/2012).

Program "kiamat" itu dimulai Rabu (19/12/2012) hingga saat hari Jumat berakhir. Publik bisa mulai melihat hasil pengamatan teleskop mulai Kamis (20/12/2012) malam pukul 22.00 WIB.

Apa yang bisa dilihat? Kemungkinan besar memang tak ada yang istimewa. Hari ini hanya sekadar berakhirnya kalender panjang suku Maya, baktun ke-13. Namun, tetap saja, mengamati langit walaupun di depan layar komputer adalah kegiatan yang mengasyikkan.

Selamat mengamati!

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.