Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Australia Setujui Alat Tes Cepat HIV

Kompas.com - 17/12/2012, 11:38 WIB
L Sastra Wijaya

Penulis

SYDNEY, KOMPAS.com- Australia telah menyetujui alat tes guna mengetahui HIV yang cepat sehingga semakin banyak orang yang bisa menjalani tes, dan mengurangi penyebaran HIV/AIDS.

Menteri Kesehatan Australia Tanya Pilbersek, Senin (17/12/2012), mengatakan, Administrasi Barang-Barang Kesehatan (TGA, Therapeutic Goods Administration telah menyetujui pemasaran alat bernama Alere Determine Combo HIV1 1/2 Ag/Ab, di mana tes ini bisa diketahui hasilnya dalam waktu 30 menit.

Menurut Pilbersek, alat yang menggunakan jarum kecil guna mengambil sampel darah dari jari seseorang itu akan berarti mereka yang terkena HIV akan bisa mendapatkan perawatan segera, sementara risiko penderita ini menulari orang lain menjadi lebih kecil.

"Alat tes ini tidaklah menggantikan pentingnya praktek seks aman, maupun usaha pengurangan infeksi lain yang ada di Australia," kata Pilbersek kepada para wartawan di Sydney.

"Ketersediaan alat ini akan membuat orang mau melakukan tes dan kemungkinan mereka dites berulangkali. Diagnosa lebih awal berarti perawatan lebih awal." kata Pilbersek seperti dilaporkan koresponden Kompas di Australia, L. Sastra Wijaya.

"Juga saat penting kita mengenai status HIV sehingga ini berarti pengurangan kemungkinan kita menyebarkan ke orang lain."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com