Kompas.com - 14/12/2012, 22:17 WIB
|
Editoryunan

WASHINGTON, KOMPAS.com — Dua wahana antariksa milik Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat mengatakan engga yaNASA akan menabrak Bulan secara terkendali pada Selasa (18/12/2012) pukul 05.58 WIB. Dua wahana kembar bernama Ebb dan Flow itu bakal bergerak dengan kecepatan 6.050 km/jam.

Dua wahana itu adalah bagian dari misi GRAIL (Gravity Recovery and Interior Laboratory) yang diluncurkan pada September 2011. Ebb dan Flow sampai orbit Bulan tiga bulan kemudian dan memulai memetakan medan gravitasinya secara detail.

"GRAIL telah menghasilkan resolusi terbaik, kualitas tertinggi medan gravitasi dari planet di Tata Surya, termasuk Bumi," ungkap pimpinan misi GRAIL, Maria Zuber dari Massachusetts Institute of Technology (MIT), seperti dikutip Space, Kamis (13/12/2012).

Misi GRAIL mengungkap permukaan Bulan secara lebih detail. Berdasarkan peta itu, Zuber mengungkapkan bahwa permukaan Bulan kaya bekas tumbukan. Hal ini menjadi petunjuk bahwa planet seperti Bumi, Mars, Merkurius dan Venus mengalami tumbukan benda antariksa yang lebih "kejam" dari perkiraan.

Misi utama GRAIL berlangsung dari Maret sampai Mei, ketika wahana mengorbit Bulan dari ketinggian 55 km. Selanjutnya, wahana semakin menurun hingga mencapai ketinggian hanya 23 km. Misi Grail tak akan diperpanjang karena bahan bakarnya telah habis.

Selasa pagi depan, Ebb dan Flow akan menumbuk pinggiran kawah Bulan dengan sudut 1 derajat dari garis horizontal. Saat menabrak, dua wahana memungkinkan peneliti melihat karakteristik mekanik dari kawah Bulan. Peristiwa tabrakan yang disengaja ini takkan bisa dilihat dari Bumi.

NASA telah menargetkan tempat, yang dua wahana itu akan menabrak. Lokasi "bunuh diri" dua wahana itu berbeda dengan lokasi pendaratan Apollo. Dengan demikian, jejak pendaratan Apollo sekitar 40 tahun lampau yang takkan rusak oleh wahana ini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.