Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jepara Dapat Rp 300 Juta untuk Pegunungan Muria

Kompas.com - 13/12/2012, 09:21 WIB
Alb. Hendriyo Widi Ismanto

Penulis

JEPARA, KOMPAS.com — Pemerintah Kabupaten Jepara mendapat dana Rp 300 juta dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah pada 2013. Dana itu akan dipergunakan untuk memulihkan lahan kritis di Pegunungan Muria.

Kepala Bidang Kehutanan Dinas Perkebunan dan Kehutanan Kabupaten Jepara Joko Purnomo, Kamis (13/12/2012), mengatakan, dana itu akan digunakan untuk mengembangkan agroforestry. Sasarannya ada tiga desa di lereng Pegunungan Muria.

Ketiga desa itu adalah Desa Keling di Kecamatan Klaling, Desa Bategede di Kecamatan Nalumsari, dan Desa Batealit, Kecamatan Batealit. Masing-masing desa akan mengembangkan agroforestry seluas 15 hektar.

"Kami berharap dana itu benar-benar tersalurkan dan program itu terpantau dengan baik. Tidak hanya asal menanam, tetapi juga harus mengedepankan pemeliharaannya," kata Joko.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah mengalokasikan Rp 700 juta dari APBD 2013 untuk memulihkan kawasan Pegunungan Muria. Pemkab Kudus memperoleh Rp 200 juta, Pati Rp 200 juta, dan Jepara Rp 300 juta. Di kawasan itu, terdapat 35.948 hektar lahan kritis, terutama di Kabupaten Pati, Kudus, dan Jepara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com