Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sambut Isu Kiamat 12-12-12, Warga Gelar Bakar Lele

Kompas.com - 12/12/2012, 10:20 WIB
Kontributor Bone, Abdul Haq

Penulis

BONE, KOMPAS.com — Isu bahwa kiamat akan datang pada 12 Desember 2012 atau 12-12-12 mendapat sambutan beragam. Di Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, puluhan warga menggelar makan bersama dengan menu ikan lele bakar, Rabu (12/12/2012).

Acara ini sengaja digelar oleh warga di Jalan Sungai Limboto Kelurahan Ta, Kecamatan Taneteriattang, untuk menangkal keresahan sebagian warga akibat isu kiamat yang beredar dalam beberapa hari terakhir di kawasan itu.

Ikan lele menjadi pilihan karena dianggap sebagai simbol agar segala urusan bisnis dan rezeki menjadi licin sebagaimana layaknya kulit ikan lele. "Daripada pikir terus itu kiamat mending kita makan lele bersama. Kan banyak yang juga ambil sebagai syarat kemudahan rezeki," ujar Budi.

Sebenarnya sebagian besar warga yang datang hanya untuk berpartisipasi, mereka tidak menanggapi isu itu. "Kalau saya datang ke sini mau makan lele bakar saja, daripada beli di warung mending di sini gratis. Mau kiamat atau tidak, yang penting makan lele," ujar Chandra sambil tertawa.

Sebagaimana dalam penanggalan suku Maya, penduduk pribumi benua Amerika, telah meramalkan sejak ribuan tahun lalu bahwa kiamat akan tiba pada tanggal 12-12-12 sebagai hasil dari kajian berakhirnya kalender suku tersebut.

Isu kiamat itu beredar di daerah itu sejak beberapa hari lalu melalui berbagai media sosial, juga tersebar melalui pesan di BlackBerry Messenger.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Video Pilihan Video Lainnya >

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com