Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pohon Natal Bisa Mengukur Tinggi Anak

Kompas.com - 06/12/2012, 14:57 WIB

KOMPAS.com - Anda bisa membuat perayaan Natal lebih istimewa dengan dekorasi "semakin kaya" setiap tahunnya. Salah satunya dengan membuat dekorasi yang mampu mengiringi cerita hidup Anda dan keluarga.

Membuat "pohon Natal pengukur tinggi anak", misalnya. Hiasan ini bukan sekedar pajangan. Anak Anda dapat mengukur tinggi badan dan menandakannya pada pohon Natal tersebut.

Seiring watu berjalan, Anda akan melihat pohon Natal tersebut semakin ramai dan anak Anda juga bertambah tinggi. Untuk mebuatnya, Anda hanya membutuhkan kain felt berwarna merah dan hijau masing-masing sepanjang 182 cm, lem bahan, 2 buah pengukur panjang untuk bahan, kain perca (usahakan juga terbuat dari kain felt), pasak kayu, benang kira-kira sepanjang 50 cm, dan cat bahan.

Cara membuatnya, pertama-tama Anda potong kain felt berwarna merah hingga berukuran 182 cm x 60 cm. Baringkan kain tersebut di atas permukaan rata dan berikan lem di sisi panjang sebelah kanan dan kiri kain felt tersebut untuk menempel meteran.

Setelah membuat alasnya, sekarang buatlah pohon Natal tersebut dari enam potong kain felt berwarna hijau. Potongan felt pertama berbentuk persegi. Lima potongan lainnya berbentuk segitiga.

Untuk bagian batang, potong kain felt berwarna hijau tersebut dengan bentuk persegi panjang berukuran 18 cm x 13 cm. Untuk bagian pohonnya, potong-potong kain berwarna hijau menjadi lima segitiga yang masing-masing berukuran alas 43 cm dan tinggi 50 cm. Tempel batang dan segitiga-segitiga tersebut hingga membentuk pohon cemara.

Agar Anda dapat memajang pengukur tinggi ini di dinding rumah, rekatkan pasak kayu di bagian atas felt merah. Caranya, lipatlah sedikit kain tersebut, kemudian masukkan pasak ke dalam lipatan itu. lalu rekatkan. Setelah itu, ikat benang di ujung-ujung pasak agar pengukur tersebut dapat Anda pajang.

Jangan lupa, Anda juga dapat membuat bentuk bintang sebagai penghias "pohon Natal" Anda ini. Selanjutnya, potonglah kain felt hingga membentuk lingkaran berukuran diameter kira-kira 8 cm. Lingkaran-lingkaran berwarna-warni ini dapat anak Anda gunakan untuk menandakan pertumbuhan tingginya. Manfaatkan cat bahan untuk menulis nama atau tinggi badan anak Anda di lingkaran tersebut.

(Sumber: http://spoonful.com)

Baca juga:

Penantian 90 Tahun Beribadah di Gubuk Usang...

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Video Pilihan Video Lainnya >

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com