Kompas.com - 04/12/2012, 20:16 WIB
|
Editoryunan

KOMPAS.com - Fotografer Nic Reusen berhasil mengabadikan makhluk cantik dari hutan Monteverde di Costa Rica. Makhluk cantik itu berupa katak gelas, sejenis katak berkulit dan berdaging transparan yang didapatkannya setelah berpetualang selama 20 hari.

Dengan kamera Canon 5D Mark III, Reusen menggunakan teknik pemotretan tertentu sehingga menghasilkan foto yang sangat natural. Hasilnya, katak tampak begitu indah. Reusen berhasil menunjukkan betapa transparan katak tersebut sehingga organ dalam termasuk jantung bisa terlihat.

Reusen masih berusia 37 tahun dan merupakan peranakan Spanyol dan Swedia. Tinggal di madrid, ia memang memiliki ketertarikan untuk mengabadikan keindahan alam. Setidaknya 6 foto menawan dihasilkannya dari petualangannya kali ini.

Mendeskripsikan katak gelas, Reusen seperti dikutip Daily Mail, Selasa (4/12/2012) mengatakan, "Meski warna umum kebanyakan katak gelas adalah hijau kekuningan, bagian perut beberapa golongan satwa ini transparan. Organ dalam, termasuk jantung, hati dan pencernaan terlihat."

Katak gelas merupakan keluarga katak Centrolenidae. Jenis katak dalam keluarga ini pertama kali ditemukan pada tahun 1872 di hutan Amerika Selatan. Ukuran katak ini bervariasi, sekitar 20 - 30 cm. Katak ini aktif pada malam hari dan sering berada di aliran sungai sehingga sulit ditangkap.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.