Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Katak Transparan, Jantungnya Terlihat dari Luar

Kompas.com - 04/12/2012, 20:16 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis

KOMPAS.com - Fotografer Nic Reusen berhasil mengabadikan makhluk cantik dari hutan Monteverde di Costa Rica. Makhluk cantik itu berupa katak gelas, sejenis katak berkulit dan berdaging transparan yang didapatkannya setelah berpetualang selama 20 hari.

Dengan kamera Canon 5D Mark III, Reusen menggunakan teknik pemotretan tertentu sehingga menghasilkan foto yang sangat natural. Hasilnya, katak tampak begitu indah. Reusen berhasil menunjukkan betapa transparan katak tersebut sehingga organ dalam termasuk jantung bisa terlihat.

Reusen masih berusia 37 tahun dan merupakan peranakan Spanyol dan Swedia. Tinggal di madrid, ia memang memiliki ketertarikan untuk mengabadikan keindahan alam. Setidaknya 6 foto menawan dihasilkannya dari petualangannya kali ini.

Mendeskripsikan katak gelas, Reusen seperti dikutip Daily Mail, Selasa (4/12/2012) mengatakan, "Meski warna umum kebanyakan katak gelas adalah hijau kekuningan, bagian perut beberapa golongan satwa ini transparan. Organ dalam, termasuk jantung, hati dan pencernaan terlihat."

Katak gelas merupakan keluarga katak Centrolenidae. Jenis katak dalam keluarga ini pertama kali ditemukan pada tahun 1872 di hutan Amerika Selatan. Ukuran katak ini bervariasi, sekitar 20 - 30 cm. Katak ini aktif pada malam hari dan sering berada di aliran sungai sehingga sulit ditangkap.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com