Sebagian Warga Kalsel Rasakan Gempa Ringan - Kompas.com

Sebagian Warga Kalsel Rasakan Gempa Ringan

Kompas.com - 04/12/2012, 13:08 WIB

BANJARMASIN, KOMPAS.com -Warga di beberapa daerah di Kalimantan Selatan, Selasa (4/12/2012) siang, merasakan guncangan gempa ringan. "Guncangan tidak lama, hanya sekitar satu menit," ujar Andreas Buje, warga Desa Warukin, Kecamatan Tanta, Kabupaten Tabalong, yang dihubungi dari Banjarmasin.

Menurut Andreas, dirinya tidak merasakan secara langsung guncangan tersebut karena tengah beraktivitas di sawah. "Yang merasakan anak saya yang di rumah," ucapnya.

Kepala Seksi Data dan Informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika, Stasiun Klimatologi Banjarbaru, Munir, yang dikonfirmasi membenarkan adanya guncangan tersebut. "Gempa lemah, kurang dari 5 (skala richter/SR)," ucap Munir yang tengah berada di lapangan.

Sementara itu berdasar Info BMKG via android magnitude gempa 4.8 SR dengan kedalaman 11 kilometer. Lokasi gempa yang terjadi pukul 09.13.31 WIB itu berada pada 2.46 LS 115.4 BT. Pusat gempa di darat 15 km barat laut Hulu Sungai Tengah dan dirasakan di daerah Tabalong dan Balangan.

Sebelumnya, juga sempat beredar rumor jika guncangan yang dirasakan warga terjadi akibat pemakaian bahan peledak di pertambangan batu bara.


EditorRusdi Amral

Close Ads X