Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kanguru Terkecil di Dunia Lahir di Bali

Kompas.com - 03/12/2012, 16:06 WIB
Kontributor Denpasar, Muhammad Hasanudin

Penulis

DENPASAR, KOMPAS.com - Seekor kanguru tanah atau Thylogale brunii yang merupakan spesies kanguru terkecil di dunia lahir di kebun binatang Bali (Bali Zoo Park) belum lama ini.

Kanguru asli Papua yang lebih dikenal dengan sebutan walabi ini lahir dengan berat 400 gram dan kini mendapat perhatian khusus dari tim dokter satwa di Bali Zoo Park.

Karena usianya yang belum genap dua bulan, bayi kanguru ini belum diketahui jenis kelaminnya.

"Kanguru tanah ini merupakan kelahiran pertama di Bali Zoo Park. Keberhasilan konservasi ini sangat penting mengingat keberadaan satwa asli Indonesia ini semakin berkurang populasinya," ujar Emma Kristiana Chandra, Humas Bali Zoo Park di Gianyar, Bali, Senin (3/12/2012).

Bali Zoo Park memiliki dua jenis walabi yakni kanguru tanah dan kangguru semak. Kanguru tanah kini berjumlah 5 ekor dan kanguru semak 4 ekor. Kedua jenis hewan berkantung ini memiliki tipikal yang berbeda, kanguru tanah lebih terbuka dan sering menampakkan diri, sementara kanguru semak lebih tertutup dan lebih sering sembunyi di semak-semak.

Menurut Convention on International Trade in Endengered Species of Wild Flora and Fauna (CITES), spesies yang mempunyai ciri khas kantung di dalam perutnya ini termasuk satwa yang mulai langka keberadaannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com